STRUKTUR ORGANISASI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) UNIVERSITAS GUNADARMA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Gunadarma dipimpin oleh seorang Ketua dan dibantu oleh seorang wakil ketua. Ketua LPPM lebih banyak mengkoordinasikan kerja sama dengan pihak luar, sedangkan wakil ketua mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penelitian dengan staff peneliti/akademisi. Lembaga juga mengkoordinasikan penyelenggaraan seminar/konferensi dalam rangka diseminasi hasil penelitian, baik dari lingkungan universitas maupun luar universitas. Ada dua seminar nasional yang diselenggarakan secara berkala, yaitu Seminar Nasional KOMMIT (Komputer dan Sistem Intelijen) dua tahun sekali, dan Seminar nasional PESAT dua tahun sekali juga. KOMMIT merupakan seminar nasional di bidang komputer dan teknik yang mendukung pengembangan teknologi komputer maupun aplikasi komputer dalam berbagai bidang. PESAT merupakan seminar nasional di bidang sosial, seperti ekonomi, manajemen, psikologi, sastra & bahasa, arsitek, dan lain-lain. KOMMIT dilaksanakan setiap tahun genap, dimulai sejak tahun 2000, sedangkan PESAT dilaksanakan setiap tahun ganjil, dimulai tahun 2005.

Untuk memudahkan koordinasi dalam level universitas, dibentuklah lembaga penelitian untuk setiap fakultas yang ada. Ada enam (6) fakultas, sehingga terbentuklah enam (6) Lembaga Penelitian Fakultas (LPF), yaitu:

  1. Lembaga Penelitian Fakultas Ilmu Komputer (LP FIK)
  2. Lembaga Penelitian Fakultas Ekonomi (LP FE)
  3. Lembaga Penelitian Fakultas Teknologi Industri (LP FTI)
  4. Lembaga Penelitian Fakultas Psikokologi (LP Fak. Psi.)
  5. Lembaga Penelitian Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (LP FTSP)
  6. Lembaga Penelitian Fakultas Sastra dan Bahasa (LP Fak. Sas. & Bah.)

Setiap LPF dipimpin oleh seorang ketua. Ketua LPF mengkoordinasikan pelaksanaan penelitian oleh staf peneliti/akademisi fakultas yang bersangkutan, mulai dari memotivasi, menyebarluaskan informasi hibah atau bantuan penelitian dari dalam dan luar lingkungan universitas, melakukan monitoring penelitian, melakukan administrasi penelitian, mengkoordinasikan penyeleksian proposal untuk dana internal, mengumpulkan proposal penelitian, mengumpulkan laporan penelitian dan menerbitkan jurnal ilmiah. Demi kelancaran semua tugas ini, ketua LPF dibantu oleh staf administrasi dan penerbitan jurnal.