Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)dan Komunikasi (TIK) untuk Ketahanan Nasional
Pertukaran informasi merupakan kebutuhan masyarakat modern, sehingga Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi hal yang sangat penting. Secara kasat mata, setiap orang dapat menyaksikan perkembangan TIK yang sangat pesat. Demikian juga perkembangan sistem informasi dan intelijen lainnya, tidak kalah dibandingkan perkembangan TIK.

Perkembangan sistem informasi dan intelijen yang sudah sedemikian pesat, umumnya masih didominasi oleh negara maju seperti negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang.
Bagaimana dengan negara kita? Kelihatannya, Indonesia masih setia sebagai pasar produk teknologi informasi. Tidak sedikit devisa negara yang dihabiskan untuk membeli teknologi khususnya teknologi informasi dari negara maju.

Kondisi ini harus segera direposisi. Kita tidak boleh berpuas diri hanya sebagai pasar, tapi harus bangkit menjadi produsen dan suplier. Indonesia memiliki sumber daya manusia yang handal dan banyak untuk bangkit menjadi produsen dan suplier.

Sumber daya manusia ini ada di lingkungan perguruan tinggi, badan litbang, dan Riset & Pengembangan di industri. Permasalahannya adalah sumber daya manusia ini masih jalan sendiri-sendiri. Penelitian di lingkungan perguruan tinggi maupun badan litbang sering disalahartikan hanya sebagai pemuas akademis, sementara kalangan industri lebih tertarik dengan penyelesaian ekonomis jangka pendek.

Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan memulai kolaborasi antara dunia pendidikan, litbang, industri dan juga pemerintah.