Insentif Buku Ajar Terbit 2019


2019-01-21 09:58:19
Dalam rangka memotivasi dan menumbuh-kembangkan minat dosen perguruan tinggi dalam menghasilkan publikasi ilmiah buku ajar yang sesuai dengan disiplin ilmu dan mata kuliah yang diampunya, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Dirjen Risbang, Kemrisekdikti akan memberikan insentif bagi dosen perguruan tinggi (PTN/PTS) yang memiliki buku ajar yang sudah terbit dan memiliki ISBN melalui mekanisme seleksi. Seleksi terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pertama seleksi softcopy dan tahap kedua adalah seleksi dokumen cetak.
 
Adapun beberapa ketentuan pengajuan insentif ini yaitu:
  1. Buku ajar telah memiliki ISBN dan diterbitkan oleh penerbit yang bereputasi internasional atau anggota IKAPI/APPTI dan terbit setelah  31 Desember 2016.
  2. Jenis buku yang dapat diajukan untuk mendapatkan insentif adalah buku ajar, kompendium, monograf, atau pengayaan pembelajaran yang didasarkan pada data dan informasi hasil penelitian yang diselenggarakan di Indonesia. Sebaliknya, buku manual untuk pengoperasian program komputer, petunjuk praktikum, bentuk asli skripsi/tesis/disertasi, dan laporan penelitian tidak akan dipertimbangkan. 
  3. Buku yang diajukan bukan merupakan buku yang diterbitkan berdasarkan hasil dari hibah penulisan buku ajar, dan bukan buku hasil revisi yang pernah memperoleh insentif buku ajar terbit yang diselenggarakan oleh lembaga atau perguruan tinggi yang menggunakan sumber dana APBN.
Ketentuan dan informasi lebih lanjut dapat dilihat pada Panduan Pengajuan Usulan Program Insentif Buku Ajar Terbit Tahun 2019.
Usulan dimasukkan secara daring (online) melalui alamat http://s.id/insentifbuku dan melakukan pengisian formulir pada bagian tautan “Borang Insentif Buku Ajar” selambat-lambatnya tanggal 31 Januari 2019